Kode rahasia dalam mesin pencari Google yang harus kalian ketahui

Internet melekat dengan nama Google, Mesin pencari terbesar ini adalah primadona bagi pengguna internet, dan perusahaan raksasa ini punya banyak produk yang berkaitan dengan internet. Banyak feature yang dimasukan dalam mesin pencari ini dari koneksi akun, iklan , Kamus bahasa, matematika dan masih banyak lagi


Sebagian besar pengguna mesin pencari Google menggunakan pencarian hanya sebatas pencarian dengan mengetikan kata yang dicari, namun mesin pencari google memasang banyak algoritma pencarian dengan kode tertentu untuk memaksimalkan pencarian yang di maksud secara tepat. nah mungkin dari kalian ada yang belum banyak tahu tentang kode rahasia mesin pencari google , coba baca kode rahasia mesin pencari google :

1. AND
Mesin pencari Google sebenarnya memakai kombinasi “kata kunci” dan konstruksi Boolean, logika matematika yang diperkenalkan oleh George Boole. Salah satu konstruksinya adalah AND yang akan mencari dua kata kunci atau lebih yang menjepitnya.

Contoh: Joko AND Widodo

Akan menghasilkan daftar situs yang memuat kata “Joko” dan “WIdodo” sekaligus.

2. OR
Konstruksi Boolean lainnya adalah OR. Ini sama dengan “atau”.
Contoh: Joko OR Widodo

Penggunaan kode OR Akan menghasilkan daftar situs yang memuat salah satu dari kedua kata itu. Bedanya dengan konstruksi AND, konstruksi OR akan menghasilkan juga joko-joko lain, misalnya Joko Anwar. Cara lain dengan memakai simbol “|”.

Contoh: Joko | Widodo

3. Frasa
Bila tak diberi tanda, Google akan mencari setiap kata atau kombinasi kata yang dimasukkan. Bila ingin mencari frasa atau kalimat tertentu, gunakan tanda kutip “…….” .

Contoh: “tuhan dan hal-hal yang tak selesai”

4. Filetype:
Google mengenal 13 jenis file, termasuk semua jenis dokumen Microsoft Office, Flash, PDF dan text (.txt). Bila kamu ingin mencari jenis file tertentu gunakan kode “filetype:” disertai ekstensi file tersebut dan kata kuncinya.Contoh: filetype:pdf korupsi5. inurl:
Ini kode untuk mencari kata kunci pada pranala atau link saja.Contoh: inurl:cirebonmedia.com sejarah cirebon6. Location:
Untuk mencari artikel yang khusus dari situs di lokasi tertentu, gunakan fitur “location:” Ini khusus untuk pencarian di kanal berita (news.google.com).Contoh: location:indonesia pariwisata AND cirebon

5. Kalkulator
Tak punya kalkulator atau ribet kalau membuka aplikasinya, gunakan kalkulator yang sudah tersedia di Google. Kalkulator ini mengenali penambahan, pengurangan dan lainnya seperti lambang matematika: +, -, /, dsb. Semua sama kecuali perkalian, yang memakai “*”. Masukkan operasi matematika yang ingin kamu lakukan di kotak pencarian dan biarkan Google menjawabnya.

Contoh: 123456*789

6. Ukuran
Kalkulator Google dapat mengubah ukuran panjang, kecepatan dsb. Ingat, satuannya dalam bahasa Inggris.

Contoh: 10 km to feet

7. Mata Uang
Dia juga tahu berapa kurs mata uang sekarang. Ingat, satuannya dalam bahasa Inggris.

Contoh: 200 dollar to rupiah

Google menganggap “dollar” sebagai dolar Amerika Serikat. Untuk mata uang dolar lain, gunakan nama lengkapnya.

Contoh: 200 singapore dollar to rupiah

Jika Anda tahu simbol mata uang tersebut, itu lebih baik, maka gunakan simbol saja.

Contoh: Sin$ 200 to IDR

8. Site:
Kalau kamu mau mencari teks di situs tertentu, gunakan “site:” diikuti nama situs, lalu kata yang dicari.

Contoh: site:teklogi.net android
9. Suhu
Ya, Google juga bisa mengkonversi nilai suhu. Ini untuk mengubah Celsius ke Fahrenheit:

Contoh: 100 C to F

10. Map
Hanya mau mencari peta, gunakan “map” di akhir nama tempat yang sedang dicari.

Contoh: Cirebon map

11. Angka Romawi

Mau coba test kepandaian Mesin Pencari Google, coba ubah angka biasa ke bentuk angka Romawi dengan “in roman numerals”.

Contoh: 2015 in roman numerals

12. Gambar

Google dapat pula mencari gambar dengan mudah dan menaruh hasilnya di daftar paling atas. Tambahkan “image” di akhir kata yang dicari.

Contoh: cirebon media image

13. Jam

Lupa bawa jam dan ingin tahu pukul berapa sekarang, tak perlu lagi bertanya ke tetangga. Cukup gunakan “time” dan nama tempatmu.

Contoh: time Cirebon

14. Bahasa Klingon
Kamu suka Star Trek dan keranjingan bahasa Klingon, maka coba mencari kata kunci dalam bahasa Klingon:

https://www.google.com/?hl=xx-klingon

15. Jawaban Paripurna
Ingin tahu apa kata Google tentang jawaban untuk segala hal? Coba masukkan kalimat ini: “the answer to life, the universe and everything”. Kamu akan heran pada hasilnya. Mengapa demikian? Silahkan Gooogle.

16. filetype
Format FileType ini berfungsi untuk mencari informasi dengan ekstensi atau tipe file tertentu, misalnya format .pdf .xls .doc .gif .jpg dan lain sebagainya
Misalnya, tulis kode perintah filetype berikut ini:

“strategi blogging” filetype:pdf

17. cache

Format Cache berfungsi untuk mencari halaman website atau blog yang telah direkam pada database google. Misalnya, tulis kode perintah cache berikut ini:

cache:www.teklogi.net

18. site
Format Site fungsinya untuk membatasi pencarian dengan keywords tertentu berdasarkan alamat website yang anda masukkan. Misalnya, tulis kode perintah Site

site: teklogi.blogspot.com atau contoh lainnya “teklogi”site:.net
19. intitle
Format intitle berfungsi untuk mencari kata atau keywords pada bagian judul halaman website atau blog. Sebagai contoh, tuliskan kode perintah intitle berikut ini

intitle:strategi blogging

20. allintitle
Fungsinya hampir sama dengan intitle tapi format allintitle ini bisa mencari informasi keywords yang semuanya terdapat pada judul postingan. Sebagai contoh

allintitle:cara meningkatkan traffic blog

21. inurl
Fungsi inurl yaitu untuk menelusuri atau mencari informasi pada suatu alamat website/blog dengan keywords yang telah anda tentukan. Misalnya anda ingin mencari keywords kuliner pada website/blog yang menggunakan nama bandung, maka format penulisannya kurang lebih seperti ini :

kuliner inurl:bandung

22. allinurl
Hampir sama dengan inurl, hanya saja memiliki cakupan yang lebih luas atau bisa juga anda gunakan untuk mencari keywords yang lebih banyak. Contoh penulisannya sebagai berikut:

allintitle:strategiblogging


23. related
Berfungsi untuk mencari informasi yang memiliki kesamaan isi, baik itu dari segi artikel ataupun yang lainnya pada sebuah website atau blog. Sebagai contoh, anda ingin mencari informasi yang mirip dengan http://www.teklogi.net maka tulis kode perintah tambahan related dan diakhiri dengan domain diatas:

related:http://www.teklogi.net

24. infoUntuk mencari informasi pada suatu website atau blog tertentu. Sebagai contoh apabila anda ingin mencari atau mengetahui tentang situs jokosusilo.com maka tulis perintah berikut ini

info:www.jokosusilo.com

25. blogurl

Untuk mencari informasi tulisan khusus dalam satu kategori blog tertentu. Misalnya, kalau anda in gin mencari informasi tulisan pada blog http://www.teklogi.net maka tulis perintah berikut ini:

blog url:http://www.teklogi.net

Tapi kalau anda ingin mencari tentang “adsense” pada blog tersebut! Maka perintahnya seperti ini:

adsense blog url:http://www.teklogi.net



Kode dengan operator pencarian khusus
  • kode – : kata –hilang —-> menghasilkan kata dan menghapus hilang dalam pencarian
  • kode “” : “dua suku kata“ —–> membedakan hasil pencarian yang memakai dua suku kata lebih
  • kode .. : 2005..2012 —-> mencari data dengan rentang waktu antara 2005 sampai 2012
  • kode * : *.jpg —–> mencari data gambar
  • kode index of : index of umumnya dipakai untuk daftar-daftar yang terpakai dalam website, dengan penggabungan beberapa kode, kita bisa menemukan daftar atau bagian dari daftar yang dicari

Menjadikan google sebagai kalkulator :
berikut beberapa kode operator
  • + – * / (adalah dasar aritmetika)
  • % of (adalah persen dari)
unit lama in unit baru (adalah konfersi satuan)
Contoh :

Kode rahasia dalam mesin pencari Google yang harus kalian ketahui Kode rahasia dalam mesin pencari Google yang harus kalian ketahui Reviewed by jams malix on 08:36:00 Rating: 5

2 comments:

  1. SAYA AKAN BELAJAR ,,MOHON DI BANTU,,ADMIN TENTANG SEMUA BAHASA GOOGLE

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas. kita sama sama belajar

      Delete