Sejarah Pemrograman C dan C++


Bahasa C++ adalah bahasa yang populer di kalangan programmer , bahasa yang sifatnya portable membuat bahasa pemrograman ini digunakan banyak programer, compilernya tersedia di banyak arsitektur komputer maupun sistem opersai. Bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa yang memberikan aturan ketat dalam pemakaian type data maupun penulisan yang wajib case sensitif.
Bahasa C++ adalah turunan dari bahasa C yang mempunyai struktur program yang sama, beberapa bahasa yang meyerupai adalah Java, Javascript dan PHP, hal ini yang membuat pemrograman

Sejarah Bahasa Pemrograman

Dalam perkembangan komputer pertama kali bahasa pemrograman tercipta ketika adanya evolusi semikonduktor dalam arsitektur komputer, peralihan dari sebuah transistor ke sebuah cip atau modul sebagai processor komputer, pada awal perkembanganya bahasa pemrograman berupa bahasa intruksi mesin berbentuk Biner dengan perintah 0 dan 1 berkembang dengan bahasa digital assembler yang digunakan untuk memetakan intruksi mesin ke memori.

Seiring dengan berkembangnya perangkat keras termasuk memori berkembang pula kebutuhan sumberdaya untuk menjalankan komputer maka lahirlah bahasa BASIC dan COBOL , bahasa yang menjembatani antara bahasa manusia dengan bahasa mesin. dengan penulisan code yang mudah di pahami manusia oleh komputer akan akan di terjemahkan dengan suatu interpreter ataupun compiler, dengan bekerja menterjemahkan tiap baris code ke bahasa mesin kemudian menjalankanya.

Berkembangnya komputer menuntut kebutuhan pemrograman dengan kode sependek mungkin dan dijalankan dengan cepat, berukuran kecil tanpa menguras sumberdaya, karena pada saat tersebut perangkat komputer seperti memori terbatas dalam kapasitas maupun harga yang mahal.

Semakin kecil komputer semakin semakin populernya komputer di kalangan bisnis, hal ini meningkatnya penjualan komputer, sumberdaya manusia yang dibutuhkan semakin mahal dan kebutuhan pemrograman semakin di cari, pemrograman menjadi prioritas untuk dikembangkan sehingga muncul bahasa pemrograman lain untuk memenuhi kebutuhan komputer di era yang semakin maju.

Sejarah Bahasa C

Dikembangkan di BELL Lab tahun 1972 bahasa C adalah turunan bahasa B tahun 1970, Bahasa C  di kembangakan oleh  Brian W. Kernighan dan Denies M Ricthie , bahasa B pun adalah turunan BCL .
pertama di tulis bahasa C dioperasikan di sistem operasi UNIX , bahasa yang merupakan tingkat menengah ini digunakan untuk program yang populer pada saat itu seperti dBASE, Word Star, dan C merupakan pertama kali kernel suatu sistem operasi yang ditulis dengan bahasa selain assembly.

C memliki keunggulan dibanding dengan assembly,  mudah di tulis dan dibaca kodenya C dapat mudah diterapkan pada komputer dengan arsiktur yang berbeda dimana compiler dan librarynya ada, tidak seperti assembly yang hanya bisa diterapkan pada komputer tertentu saja. Sebaliknya efisiensi dari kode C adalah sangat bergantung pada kemampuan dari compiler untuk mengoptimisasi bahasa mesin yang dihasilkan, yang mana hal ini berada diluar kendali programmer.

Keunggulan dan kelemahan bahasa C dengan bahasa lainya terletak pada efisiensi kode C yang terkontrol dan ini mempengaruhi tingkat kerumitan baca dan tulis kodenya. Kemampuan yang dimiliki C adalah dapat mengatur isi memori komputer meskipun C standart belum dapat menyediakan fasilitas array bound checking dimana akan mudah menyebabkan bug dalam operasi memory seperti buffer overflows serta computer insecurity

C memiliki fasilitas :

  • Bahasa pemrograman dengan kernel sederhana dengan kumpulan librabry yang di standarisasi
  • Termasuk dalam pemrograman procedural yang akan lebih mudah menyusun kode dengan lebih terstruktur.
  • Mempunyai suatu bahasa preprocessor
  • Memiliki perfomance O(1) untuk semua operator.
  • Akses secara Low-level pada memori komputer melalui pointer.
  • Parameter selalu dilewatkan ke function secara by value, bukan by reference. 

    Ritchie dan Brian Kerhighan

    Ritchie dan Brian Kerhighan mempubikasikan suatu buku edisi
    pertama dengan judul The C Programming Language. Buku ini dikenal oleh para
    programmer C sebagai "K&R".

    K&R mengenalkan fasilitas berikut pada bahasa tersebut :
    • Type data struktur (struc)
    • Type data long int
    • Type data unsigned int
    • Operator =+ diganti dengan +=, karena (=+ membingungkan lexical analyzer Compiler C).
    Fasilitas tambahan
    • void function dan void * data type
    • Fungsi pengembalian struct atau union type 
    • nama field struct dipisahkan dengan sebuah spasi setelah type struct.
    • assignment untuk type data struct
    • const qualifier untuk membuat suatu object read-only
    • suatu standard library yang terdiri dari banyak fungsi yang di sediakan oleh berbagai vendor.
    • enumerations
    • type single-precision float

      Standarisai Bahasa C 

      Tahun 1970 C  mulai menggantikan pemrograman BASIC yang banyak digunakan pada mikrokomputer dan di tahun 1980 mulai digunakan pada komputer IBM yang menjadikan bahasa C ini mulai banyak digunakan oleh programer. Bjarne Stroustrup menambahkan konstruksi Object-Oriented pada C, dengan perubahan tersebut maka bahasa C yang ditingkatkan dinamakan C++.

      American National Standards Institute (ANSI) membentuk suatu komite, X3J11di tahun 1983 mengembangkan standart bagi spesifikasi bahasa C, dan pada tahun 1989 berhasil di selesaikan standarisasinya, standart ANSI C++ terbentuk satu tahun setelahnya. ANSI C standard (dengan beberapa modifikasi kecil) telah diadopsi oleh International Standards Organization (ISO) sebagai ISO/IEC 9899:1990.

      Setelah proses standarisasi oleh ANSI, sepesikasi bahasa C masih relatif statis untuk beberapa saat, sedangkan C++ terus berevolusi. (Normalnya penyempurnaan 1 telah menghasilkan suatu versi C yang baru pada tahun 1995, tetapi versi yang ini jarang diketahui.) Sedangkan, revisi standard tahun 1990, mengawali publikasi sebagai ISO 9899:1999 pada tahun 1999. Standard ini disebut sebagai "C99" telah diadopsi sebagai ANSI standard pada 2000.

      Kemampuan baru C99 meliputi:
      • fungsi inline function
      • membebaskan pembatasan terhadap tempat deklarasi variabel (seperti pada C++)
      • menambah beberapa type data baru, termasuk long long int (untuk mengurangi kesulitan transisi 32-bit ke 64-bit), type data boolean, dan suatu yang baru untuk bilangan complex.
      • array variable-length
      • dukungan resmi terhadap one-line comment yang dimulai dengan //, dipinjam dari C++
      • beberapa fungsi library baru, seperti snprintf()
      • beberapa header file baru, seperti stdint.h

        Contoh C

        #include
        int main(void) {
          printf ("Hello Word", a);
          return 0;
        }
         

        Sejarah Bahasa C++

        Tahun 1980 bahasa C++ muncul sebagai pengembangan bahasa C , yang di kembangkan oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Lab . Sebagai turunan C bahasa C++ memiliki struktur yang sama dengan tambahan fasilitas kelas. Tahun 1983 C disempurnakan dengan penambahan pembeban lebihan operatordan fungsi yang mulanya disebut a better C dan pada tahun yang sama bahasa tersebut menjadi nama bahasa C++.

        Penamaan C++

        Simbol ++ adalah operator penambahan atau Increment , maka dalam C++ berarti bahasa yang lebih canggih dengan struktur yang sama daripada bahasa C. Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading

        Standarisai Bahasa C++

        Tahun 1998, C++ Standar Komite (ISO/IEC JTC1/SC22/WG21 Working Group) mengeluarkan Standar Internasional ISO/IEC 14882:1998 yang digunakan selama beberapa tahun. Pada tahun 2003 dirilis versi yang telah dikoreksi, ISO/IEC 14882:2003. Pada tahun 2005, Laporan Teknis yang disebut "Laporan Teknis Perpustakaan 1" (sering dikenal sebagai TR1),dirilis. Revisi terbaru dari standar C++ adalah C+11 (sebelumnya dikenal C++0x) telah disetujui oleh ISO/IEC pada tanggal 12 Agustus 2011. Telah diterbitkan sebagai 14882:11.


        Library C++

        Standart library C++ sebagian besar berasal dari Standart Template Library (STL) yang menyediakan fasilitas dari iterator dan container . seperti halnya bahasa C librari dalam C++ dapat di akses dengan menggunakan direktif #include  untuk menggunakan suatu standart header. Terdapat 69 header standart dalam C++.

        C++ merupakan superset dari C artinya semua program C yang legal juga merupakan prog am C++ yang legal, perkembangan dari C ke C++ adalah sangat nyata. C++ memetik banyak keuntungan dari hubungannya dengan C, dimana programmer C dapat dengan mudah menggunakan C++. Untuk dapat menggunakan keunggulan C++, banyak programmer menemukan bahwa mereka tidak perlu mempelajari hal-hal yang mendasar, tetapi cukup mengembangkan diri dengan mempelajari konsep baru (OOP) dalam pemecahan masalah pemrograman.

        Contoh C++

        #include // standart input output dari librari
        int main() {
           cout << "Hello World !\n";
           return 0;












        Sejarah Pemrograman C dan C++ Sejarah Pemrograman C dan C++ Reviewed by jams malix on 00:32:00 Rating: 5

        No comments: