Mengapa Drive C Jadi Standart Drive Komputer


Jika anda pengguna komputer dengan sistem operasi Windows pasti tidak asing dengan Drive C , dimana letak sistem operasi dan file program berada pada drive C ini . Pengertian Driver dan Fungsi Driver Pada Laptop atau Komputer mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras . perangkat keras dapat berupa Hardisk, Flashdisk , CD Rom atau sebuah Virtual Drive.

Drive C Jadi Standart Dalam Komputer

Mengacu pada penyimpanan sistem penyimpanan hardisk, pada umumnya hardisk akan di partisi menjadi beberapa bentuk drive untuk memisahkan file dan fungsi dengan klasifikasi tertentu sesuai dengan pengaturan pengguna, Pada sistem operasi Windows partisi berupa format NTFS , FAT, FAT32 dan lainya. 

Pada umumnya windows akan terinstall di Drive C, meskipun tidak mutlak harus berada di drive C, bisa saja di install di drive D atau yang lainya , namun akan terasa tidak nyaman jika file sistem dan program berada di drive yang lain, dan yang menjadi pertanyaan kenapa tidak di drive A atau B dimana drive ini jarang bahkan tidak pernah ditemui pengguna . 

Hardisk pengganti teknologi Disket / floppy

Sebelum teknologi Hardisk komputer menggunakan disket atau floppy untuk menyimpan data, ketika IBM menjadi penguasa pasar komputer penggunaan floppy drive berada di posisi label Drive A dan B , komputer saat itu memiliki dua floppy drive dengan salah satu sebagi penyimpanan sistem dan yang lainya sebagai file . 

Kolmputer IBM VM keluarga dari CP/CMS menggunakan bantuan label Drive untuk identifikasi minidisk dari user, dan path name terdiri dari huruf drive tersebut. sebagai contoh untuk mengcopy file diperlukan referensi drive ( A:dokumen.txt) dan ini diikuti oleh sitem komputer lain termasuk Microsoft DOS

Teknologi berkembang dengan datangnya Hardisk di dunia komputer, sebelumnya komputer yang memiliki dua Drive untuk floppy yang mana drive tersebut di beri label A dan B dengan di tambahkanya hardisk maka drive tambahan untuk hardisk di beri label C.

Floppy yang tidak digunakan

Sekarang mungkin tidak pernah di jumpai floppy drive dalam komputer, karena selain ukuran dari drive ini yang kecil floppy sudah tergantikan dengan teknologi baru dengan ukuran fisik yang kecil namun penyimpanan yang besar

Namun ketika anda memasang floppy pada komputer label drive A atau B akan menjadi drive yang terlihat sebagai drive floppy terpasang. dan ketika memasang perangkat drive lain seperti optical drive maka label akan melanjutkan drive setelah label drive hardisk .

Mengapa Drive C Jadi Standart Drive Komputer Mengapa Drive C Jadi Standart Drive Komputer Reviewed by jams malix on 15:31:00 Rating: 5

No comments: